Pink Arrow, Bow Tie Hearts Blinking, Letter E

Rabu, 16 Januari 2019

A. PRINSIP KERAJINAN BAHAN LUNAK

     Masuknya teknologi dalam bentuk memanfaatkan bahan, terutama bahan lunak buatan, merupakan sesuatu yang baru dan tidak mudah untuk diterapkan. perubahan-perubahan yang terjadi semua karena adanya permintaan pasar. pada praktiknya kerajinan dibuat dengan mempertimbangkan wilayah kerja dengan beberapa prinsip berikut.
1. Keterampilan tangan
    meskipun diproduksi banyak, produk kerajinan masih tetap mengandalkan tangan. sementara itu,
industri bertumpu pada kekuatan mesin. inilah yang membedakan kerajinan tangan dan kerajinan industri 
2. Keterampilan teknik 
    pembuatan benda-benda kerajinan dilakukan secara berulang-ulang dan didasari oleh keterampilan teknik/keprigelan. sehingga produk yang dihasilkan sudah tentu memiliki kekhasan tangan yang nampak.
3. Kedaerahan/tradisional
    kerajinan merupakan benda-benda yang mempunyai nilai guna praktis, bersifat universal, dibuat dengan keterampilan teknik tangan namun masih dipengaruhi oleh adat istiadat setempat.

     Kerajinan dari bahan lunak merupakan produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar bersifat lunak yaitu lentur, lembut, empuk, mudah dibentuk. prinsipnya memiliki kecenderungan yaitu sengaja dibuat orang secara khusus dan mempertimbangkan aspek pemadunnya. secara umum jenis karya ini dapat dipilah menurut manfaatnya, sebagai berikut. 
1. Kelengkapan busana 
    produk kerajinan bahan lunak dapat dibuat dengan mempertimbangkan produk tersebut dapat mempercantik diri dalam menggunakan busananya. contohnya seperti gelang, kalung, bros, dan cincin,
2. Kelengkapan suatu benda
    kerajinan bahan lunak digunakan untuk kelengakapan suatu benda. contohnya, kotak tisu yang dilengkapi dengan hiasan keramik pada bagian muka
3. Kelengkapan rumah/bangunan 
produk kerajinan dapat dijadikan sebagai pelengkap rumah/bangunan tertentu. contohnya, air mancur berbentuk kodok yang diletakkan di taman rumah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar